Simon, Rahmat (2016) KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU KEPADA SISWA PADAPEMBELAJARANIPA DAN BAHASA INDONESIA KELAS TINGGI SD NEGERI SE-GUGUS II DI KECAMATAN TEMON,KABUPATEN KULONPROGO, YOGYAKARTASEMESTER 1TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.
Text
Rahmat Simon.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keterampilan komunikasi guru kepada siswa pada pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia kelas tinggi SD Negeri segugus II di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta semester 1 tahun ajaran 2015/2016 beserta hambatan yang dialami oleh guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dengan subjek seluruh guru yang mengampu kelas tinggi di SD Negeri se- gugus II di kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang dilengapi dengan wawancara, catatan lapangan serta dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi guru pada pembelajaran IPA mencapai 89,583% sehingga dapat dikelompokkan dalam kategori sangat tinggi. Keterampilan komunikasi guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia mencapai 86,25%, sehingga dapat dikelompokkan dalam kategori sangat tinggi. Hambatan komunikasi yang dialami guru baik dalam pembelajaran IPA maupun Bahasa Indonesia adalah guru merasa terganggu saat terdapat siswa yang berbicara dengan teman saat guru menjelaskan materi pelajaran serta memotong pembicaraan. Kata Kunci: keterampilan komunikasi, hambatan komunikasi, SD Negeri Se-Gugus 2 Temon
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41020 |
Actions (login required)
View Item |