UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI WAYANG DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR WAYANG DI KELAS IV SD NEGERI GLAGAH

Putri, Tisnowati Sefterika (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI WAYANG DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR WAYANG DI KELAS IV SD NEGERI GLAGAH. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tisnowati Sefterika Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Jawa materi wayang dengan menggunakan media kartu kata bergambar wayang pada siswa kelas IVB SD Negeri Glagah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, tiap siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata bergambar wayang dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Jawa materi wayang siswa kelas IVB SD Negeri Glagah Yogyakarta, dengan hasil : a) skor rata-rata hasil belajar Bahasa Jawa ranah kognitif pada pra tindakan sebesar 66,83 meningkat sebesar 6,77 menjadi 73,6 pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 8,9 menjadi 82,5 pada siklus II, dan b) hasil observasi menunjukkan partisipasi dan motivasi siswa sebesar 57,7 pada siklus I dan meningkat 22,32 menjadi 80,02 pada siklus II.Pada akhir siklus menunjukkan 80% siswa telah mencapai KKM. Kata kunci: Hasil Belajar Bahasa Jawa, Media Kartu Kata Bergambar Wayang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 10:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41016

Actions (login required)

View Item View Item