KEEFEKTIFAN STRATEGI JIGSAW II TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN

Ariviana, Rizki (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI JIGSAW II TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rizki Ariviana 12201241004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi Jigsaw II dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi Jigsaw II pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman, (2) mengetahui keefektifan strategi Jigsaw II dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pratest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Penyampelan menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan prates dan pascates yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dilakukan oleh expert judgement. Validitas konstruk dilakukan dengan bantuan program iteman. Uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan alpha pada program iteman dan diperoleh nilai sebesar 0,800. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian persyaratan analisis menunjukkan bahwa skor prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara kelas yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Jigsaw II dengan kelas yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi Jigsaw II pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t pascates kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung 5,154 dengan df=62 dan p sebesar 0,000. Kedua, strategi Jigsaw II terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t skor prates dan pascates kelas eksperimen diperoleh thitung 17,509 dengan df=31 dan p sebesar 0,000. Gain Score kelas eksperimen sebesar 3,25 dan kelas kontrol 1,12.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 31 Aug 2016 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41012

Actions (login required)

View Item View Item