PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BUMIJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mudmainah, Siti (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BUMIJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Siti Mudmainah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui metode pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Bumijo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pelaksanaan tindakan pada setiap siklus dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran IPA. Data yang dikumpulkan yaitu skor minat siswa. teknik yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar angket siswa. penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian yaitu apabila sesudah tindakan minimal 75% atau 21 siswa memperoleh skor minat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar IPA siswa meningkat setelah diberikan tindakan melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Skor minat belajar IPA siswa meningkat dari pratindakan, ke siklus I, ke siklus II yaitu 10% (kriteria cukup), 86% (kriteria sangat baik), dan 96% (kriteria sangat baik). Perbaikan pada siklus I, yaitu membantu, membimbing, dan mengawasi pembuatan proyek, menarik kesimpulan, dan presentasi hasil proyek, serta mendiskusikan hambatan dan hasil pembuatan proyek. Adapun perbaikan yang dilakukan pada siklus II, yaitu bahan pembuatan produk lebih fleksibel sesuai kemampuan siswa sehingga dapat membuat produk dengan maksimal. Pada siklus I skor minat belajar IPA siswa sudah mencapai >70% masuk kriteria sangat baik, namun demikian peneliti tetap melanjutkan siklus II untuk mengetahui dan memastikan adanya tindakan dapat meningkatkan minat belajar IPA dengan memperbaiki siklus I. Pada siklus II skor minat siswa menjadi 96%, sehingga proses pembelajaran dinyatakan sudah berhasil dan siklus dihentikan. Kata kunci: Metode pembelajaran berbasis proyek, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 06:25
Last Modified: 30 Jan 2019 10:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41010

Actions (login required)

View Item View Item