Sekilas Menyoal Tema Gender dalam Iklan Kartu dan Telepon Seluler

Indria Ekowati, Venny (2005) Sekilas Menyoal Tema Gender dalam Iklan Kartu dan Telepon Seluler. IMAJI, 3 (1).

[img] Text
SEKILAS_MENYOAL_CITRA_WANITA.doc

Download (64kB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tema-tema gender yang terdapat dalam iklan kartu seluler dan telpon seluler yang dimuat di media cetak. Iklan-iklan yang menjadi bahan kajian tema gender dalam tulisan kali ini adalah: (1) iklan IM3 Super Hero; (2) Nokia Versi Trade-In; (3) Simpati 10 Hoki; dan (4) iklan BlackBerry Akses e-mail dari Matrix (Indosat). Iklan-iklan tersebut dimuat dalam harian Kedaulatan Rakyat. Masalah dikaji dengan metode semiotika iklan karena adanya dimensi-dimensi khusus pada sebuah iklan yang membedakan iklan secara semiotis dengan objek-objek desain lainnya. Hasil kajian menunjukkan adanya tema-tema gender sebagai berikut: (1) Relative size yang menunjukkan kepentingan laki-laki lebih utama daripada perempuan; (2) Function Ranking yang menunjukkan laki-laki sebagai pemandu dan pengarah tindakan perempuan; (3) Licensed Withdrawal yang menunjukkan citra perempuan sebagai sosok yang tergantung oleh laki-laki; (4) Perempuan sebagai subodrdinat dan laki-laki sebagai hiperordinat; dan (5) sentuhan feminin.

Item Type: Article
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Venny Indria Ekowati,S.Pd.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:46
Last Modified: 14 Aug 2012 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4101

Actions (login required)

View Item View Item