Indria Ekowati, Venny (2005) Sekilas Menyoal Tema Gender dalam Iklan Kartu dan Telepon Seluler. IMAJI, 3 (1).
Text
SEKILAS_MENYOAL_CITRA_WANITA.doc Download (64kB) |
||
|
Text
MEDIA BERBASIS ANDROID.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tema-tema gender yang terdapat dalam iklan kartu seluler dan telpon seluler yang dimuat di media cetak. Iklan-iklan yang menjadi bahan kajian tema gender dalam tulisan kali ini adalah: (1) iklan IM3 Super Hero; (2) Nokia Versi Trade-In; (3) Simpati 10 Hoki; dan (4) iklan BlackBerry Akses e-mail dari Matrix (Indosat). Iklan-iklan tersebut dimuat dalam harian Kedaulatan Rakyat. Masalah dikaji dengan metode semiotika iklan karena adanya dimensi-dimensi khusus pada sebuah iklan yang membedakan iklan secara semiotis dengan objek-objek desain lainnya. Hasil kajian menunjukkan adanya tema-tema gender sebagai berikut: (1) Relative size yang menunjukkan kepentingan laki-laki lebih utama daripada perempuan; (2) Function Ranking yang menunjukkan laki-laki sebagai pemandu dan pengarah tindakan perempuan; (3) Licensed Withdrawal yang menunjukkan citra perempuan sebagai sosok yang tergantung oleh laki-laki; (4) Perempuan sebagai subodrdinat dan laki-laki sebagai hiperordinat; dan (5) sentuhan feminin.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah |
Depositing User: | Venny Ekowati |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 04:46 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 10:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4101 |
Actions (login required)
View Item |