LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3PURWOREJO

REZA RUNDITA APRILIENA, REZA RUNDITA APRILIENA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER reza.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN dan abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI FIX.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

PraktikPengalamanLapanganmerupakanmatakuliah yang wajibditempuholehsetiapmahasiswakependidikan di UniversitasNegeri Yogyakarta.DalamhaliniPPLdigunakansebagaibekalmahasiswakependidikansebelummenjaditenagapendidik.Dalamkesempatan kali ini, penulismelaksanakanpraktikpengalamanlapangan di SMANegeri3Purworejo. PPL ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik.Kegiatanawaldalam PPL iniadalahobservasikelas, kelas yang diobservasiadalahkelasXIIS 1.Kegiatanobeservasiinibertujuanmemberikanpengalamanawaltentangsituasikelas, kegiatan yang keduaadalahpersiapan, dalampersiapaniniada yang sifatnyaadministratifdanpersiapan yang sifatnya personal.Persiapan yang sifatnyaadministratifberupakonsultasidalampenyusunan RPP yang terkaitdenganmateri, metode, dan media yang akandigunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalahmempersiapkanfisikdan mental. IntikegiatanPPLiniterdiridariduayaitupraktikmengajardanmembuatadministrasinya. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 3Purworejo, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas X MIA 1, X IIS 1, XI MIA 1, XI MIA 3, dan XI IIS 2. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunakan media power point dan rekamansedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupaperformance, diskusi, tanya jawab, permainan dan kuis. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL.Sepertikurangnyafasilitas media pembelajaranberupa LCD Proyektor (Liquid Crystal Display Proyektor) padasemuakelas selain itu dalam proses pembelajaran masih sangat rendah tingkat pertisipasi dari siswa selama proses pembelajaran sehingga tak jarang ada beberapa siswa yang sulit untuk dikondisikan dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalammengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: KKN, PPL, danmengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:43
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41007

Actions (login required)

View Item View Item