LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 3 PURWOREJO

Lia Dyah Nuryanti, Lia Dyah Nuryanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 3 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Individu Lia Dyah.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan PPL digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMA Negeri 3 Purworejo. Tujuan PPL yang lain adalah memberikan kesempatan untuk mahasiswa menerapkan langsung yang telah dipelajari dalam micro teaching, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang, dalam kaitannya sebagai guru. Ada beberapa tahap kegiatan yang dilalui selama PPL yaitu observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan, mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan obeservasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini terdiri dari persiapan yang bersifat administratif berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan diri untuk mengajar. Dalam kesempatan ini penulis melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA N 3 Purworejo yang terletak di Jl. Yogya Km. 8, Purwodadi, Purworejo Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 3 Purworejo dan mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas XII IPA 1 dan XII IPS 2. Dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai proses menjadikan mahasiswa sebagai guru yang profesional. Penulis berharap supaya hubungan kerjasama antara sekolah dengan PPL UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:16
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41002

Actions (login required)

View Item View Item