Pengembangan Penilaian Kinerja Pada Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan STEM Untuk Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Tingkat SMA Materi Elastisitas

Nurcahyanto, Emanuel (2016) Pengembangan Penilaian Kinerja Pada Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan STEM Untuk Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Tingkat SMA Materi Elastisitas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-emanuel-nurcahyanto-14726251028.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui karakteristik penilaian kinerja berbasis STEM yang dikembangkan dalam menilai keterampilan berpikir kreatif, (2) mengetahui tingkat kelayakan instrumen penilaian kinerja berbasis STEM untuk keterampilan berpikir kreatif, (3) untuk mengetahui efektivitas penerapan penilaian kinerja dalam pembelajaran Fisika berbasis STEM pada tingkat SMA materi Elastisitas. Penelitian pengembangan ini mengacu kepada langkah pengembangan produk R&D oleh Brog & Gall yang dipadukan dengan model pengembangan instrumen tes oleh Oriondo. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tahap 10 tahap utama yaitu; penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, penegmbangan produk awal, uji coba tahap awal, revisi uji coba diperluas, uji coba diperluas, revisi uji penerapan produk, uji penerapan produk, revisi produk tahap akhir, penyeberluasan dan implementasi.Tahap pengembangan instrumen tes oleh oriondo yang meliputi tahap (a) perencanaan, (b) penyusunan kisi-kisi, (c) penentuan format tes, (d) penyusunan tes dan, (e) revisi, (f) uji coba produk, (g) analisis validitas (h) analisis reliabilitas dan, (i) proses interpretasi skor di integrasikan dalam dalam model R&D oleh Brog&Gall. Produk dan instrumen yang dikembangkan di validasi oleh 6 Ahli. Subjek uji coba terbatas adalah lima peserta didik kelas XI dan 10 Mahasiswa Pascasarjana. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 290 peserta didikkelas XI untuk instrumen tes dan 96 peserta didikkelas X untuk instrumen non tes. Subjek uji coba adalah peserta didik dari SMA N 2 Wonosari, SMA N 2 Playen, SMA N 1 Godean , SMA N 1 Sedayu, SMA N 8 Yogyakarta,dan SMAN 1 Pakem. Subjek uji coba operasional dilakukan kepada 64 peserta didik dari SMA N 1 Sayegan. Instrumen Pengumpulan data terdiri dari tes pilihan ganda beralasan, lembar observasi kinerja, penilaian portofolio dan penilaian proyek. Teknik Analisis data menggunakan pendekatan IRT(Item Respon Theory) kategori PCM (Parcial Credit Model) dan estimasi reliabilitas menggunakan pendekatan Interrater. Efektivitas produkdianalisis menggunakan pendekatan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik produk yang dikembangkan berupa penilaian kinerja untuk keterampilan berpikir kreatif yang terdiri dari, 2 set tes kreatif pilihan ganda beralasan dan dilengkapi dengan Lembar Observasi, performance task dalam LKPD, Rubrik Penilaian, dan RPP. 2) Berdasarkan telaah ahli dan uji coba secara empiris intrumen penilaian kinerja yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar disekolah, 3) Berdasarkan hasil uji operasional diketahui bahwa instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penilaian kinerja, Keterampilan Berpikir Kreatif, Pendekatan STEM
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:50
Last Modified: 09 May 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40997

Actions (login required)

View Item View Item