Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Anekdot pada Siswa SMA Kelas X

Munandar, Abdul Haris (2016) Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Anekdot pada Siswa SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdul-haris-munandar-14707251025.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-learning berbasis Moodle untuk meningkatkan pemahaman isi teks anekdot pada siswa SMA Kelas X; (2) mengetahui kelayakan e-learning; (3) mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan e-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian, dan pengembangan (R&D). Pengembangan produk e-learning dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang diadaptasikan dari model Alessi, dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan, desain, dan pengembangan dilakukan ongoing evaluation sampai menjadi produk awal. Setelah produk awal jadi dilakukan tes alfa oleh ahli materi, dan media untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Tahap berikutnya dilakukan tes beta yang dilakukan oleh tiga orang siswa yang mewakili kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Setelah tes beta, dilanjutkan dengan penggunaan produk pada proses pembelajaran pada kelas X MIPA 1/3 yang berjumlah 32 siswa di SMA Negeri 1 Godean. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) produk e-learning berbasis Moodle untuk meningkatkan pemahaman isi teks anekdot pada siswa SMA Kelas X dihasilkan sesuai dengan model pengembangan Alessi dan Trollip (2001) melalui tiga tahap, yakni perencanaan, perancangan, dan pengembangan; (2) produk e- learning berbasis Moodle untuk meningkatkan pemahaman isi teks anekdot pada siswa SMA kelas X dinyatakan layak digunakan dalan proses pembelajaran ditinjau dari media, materi, dan penilaian siswa; (3) Produk e-learning yang dikembangkan menggunakan aplikasi Moodle dinilai efektif karena dapat meningkatkan pemahaman isi teks anekdot. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai pretest dengan rata-rata 66,88, dan nilai posttest dengan rata-rata nilai 93,63. Porsentase ketuntasan belajar siswa 100% (32 siswa). Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-learning yang dikembangkan layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi teks anekdot.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, moodle, efektivitas, teks anekdot
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:39
Last Modified: 09 May 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40992

Actions (login required)

View Item View Item