PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI LONCAT KANGKANG UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Arya Hendra Purnama, Deni (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI LONCAT KANGKANG UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DENI ARYA HP.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum digunakan media pembelajaran berbasis flash oleh guru untuk siswa kelas XI materi loncat kangkang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran pendidikan jasmani materi loncat kangkang untuk kelas XI dalam bentuk Compact Disk (CD). Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, membuat desain produk awal, validasi ahli media dan ahli materi. Selanjutnya produk di uji cobakan kepada siswa melalui uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas XI di SMK N 3 Yogyakarta. Data hasil validasi ahli materi dari aspek kualitas materi sumber belajar mendapat nilai 38 kategori “sangat baik”dan aspek isi mendapat nilai 45 kategori “sangat baik”. Data validasi ahli media aspek tampilan mendapat nilai 80 kategori “sangat baik”, kemudian aspek pemrograman mendapat nilai 28 kategori “sangat baik”. Untuk uji coba lapangan aspek tampilan dengan nilai 39.74 kategori “sangat baik”, aspek isi dengan nilai 25,70 kategori “sangat baik” dan aspek pembelajaran dengan nilai 42,81 kategori “sangat baik”. Dapat disimpulkan produk media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, loncat kangkang, SMK N 3 Yogyakarta.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40991

Actions (login required)

View Item View Item