UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN KELINCAHAN BALSOM AGILITY TEST UNTUK ATLET SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI DAERAH ISTIMEWAYOGYAKARTA

Rahman, Saeful (2016) UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN KELINCAHAN BALSOM AGILITY TEST UNTUK ATLET SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI DAERAH ISTIMEWAYOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas_Saeful_Rahman.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas instrumen kelincahan Balsom Agility Test terhadap atlet Sekolah Menengah Pertama Kelas Khusus Olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertaman Kelas Khusus Olahraga (SMP KKO) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, diantaranya SMPN 13 Yogyakarta Kota Yogyakarta, SMPN 3 Sleman Kab. Sleman, SMPN 1 Kretek Kab. Bantul, SMPN 1 Panjatan Kab. Kulonprogo, dan SMPN 1 Playen Kab. Gunungkidul. Total sampel 80 atlet. Instrumen yang digunakan adalah tes kelincahan Balsom Agility Test dan Shuttle Run. Analisis data uji validitas mengunakan korelasi product moment dan reliabilitas mengunakan teknik estimasi test-retest. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat validitas sebesar 0,639 termasuk kategori kuat. Tingkat reliabilitas sebesar 0.905 termasuk kategori sangat kuat. Hasil ini menunjukan bahwa nilai validitas dan reliabilitas Balsom Agility Test Signifikan. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen kelincahan Balsom Agility Test yang telah dilakukan, peneliti menyarankan agar instrumen kelincahan Balsom Agility Test digunakan oleh pelatih untuk mengukur kelincahan atlet sepakbola khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama Kelas Khusus Olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: validitas, reliabilitas, kelincahan, Balsom Agility Test, SMP KKO
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40988

Actions (login required)

View Item View Item