LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3 PURWOREJO Jalan Yogyakarta Km. 8 Purworejo 54173 Telp : 0275-323665

EMILIYA AGUSTINA, EMILIYA AGUSTINA (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3 PURWOREJO Jalan Yogyakarta Km. 8 Purworejo 54173 Telp : 0275-323665. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover + Pengesahan.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi Laporan PPL(bab 1-3).pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman faktual yang dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang, dalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif serta dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang ada pada lembaga pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 3 Purworejo muyang terletak di Jl. Yogya Km. 8, Purwodadi, Purworejo mulai tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Usaha untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan dalam pelakasanaan PPL adalah dengan selalu melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing (DPL-PPL) dan guru pembimbing untuk mendapat masukan, saran dan bimbingan terkait materi dan pelaksanaan praktek mengajar untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajan, penugasan dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus sampai 17 September 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali dengan alokasi waktu 3 x 45 menit setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 3 Purworejo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40982

Actions (login required)

View Item View Item