PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) MARUTANGGA BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B TK / RA PERWANIDA TLAWONG SAWIT BOYOLALI

Yola Ratnanti, Mareta (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) MARUTANGGA BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B TK / RA PERWANIDA TLAWONG SAWIT BOYOLALI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Mareta Yola_09105244039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Alat Permainan Edukatif Marutangga yang layak digunakan dalam pembelajaran kemampuan berhitung Taman Kanak-kanak kelas B. Penelitian pengembangan Alat Permainan Edukatif Marutangga ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan Research and Development dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas B TK/ RA Perwanida Tlawong Sawit Boyolali, sedangkan objek pada penelitian ini berupa pengembangan Alat Permainan Edukatif Marutangga dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alat Permainan Edukatif Marutangga tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi ahli materi rata-rata sekor 3,30, persentase 82,7% dengan kategori sangat baik. Validasi ahli media rata-rata sekor 3,21, persentase 80,2% dengan kategori sangat baik. Penilaian guru rata-rata sekor 3,21, persentase 80% dengan kategori baik. Hasil uji siswa dari 20 anak, pada uji pelaksanaan didapatkan data penilaian terhadap alat permainan edukatif berjumlah 183 dengan jawaban ya dari jumlah total maksimal penilaian 200 dengan jumlah sekor yang di presentasekan menjadi 91,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40977

Actions (login required)

View Item View Item