LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 3 PURWOREJO

Dita Rahayu Dwiastuti, Dita Rahayu Dwiastuti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 3 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Individu Dita Rahayu.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan PPL yang lain adalah memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang ada pada lembaga pendidikan. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata yang dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang, dalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan, mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Dalam kesempatan ini penulis melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA N 3 Purworejo yang terletak di Jl. Yogya Km. 8, Purwodadi, Purworejo. Usaha untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan dalam pelakasanaan PPL adalah dengan selalu melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing (DPL-PPL) dan guru pembimbing untuk mendapat masukan, saran dan bimbingan terkait materi dan pelaksanaan praktek mengajar untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai proses menjadikan mahasiswa sebagai guru atau pendidik yang profesional. Penulis berharap supaya hubungan kerjasama antara sekolah dengan LPPMP UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Aug 2016 02:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40974

Actions (login required)

View Item View Item