Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Pembelajaran Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan Media Kardus Usia 5-6 Tahun di TK Hamzanwadi Kabupaten Lombok Timur

Yuliastri, Nur Adiyah (2016) Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Pembelajaran Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan Media Kardus Usia 5-6 Tahun di TK Hamzanwadi Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-adiyah-yuliastuti-14717251020.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Memperbaiki keterampilan motorik halus anak melalui pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi melalui media kardus dan (2). Untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi melalui media kardus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengadaptasi dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK B Hamzanwadi selong yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yaitu keterampilan melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi menggunakan media kardus dapat meningkat. Kondisi awal keterampilan motorik halus anak usia dini di TK Hamzanwadi Selong sebelum dilakukan tindakan masih sangat rendah hanya sebesar 34%. Pada siklus I keterampilan motorik halus anak meningkat menjadi 42,22% sehingga persentase peningkatan antara sebelum tindakan dan siklus I sebesar 8,22%. Pada siklus II terjadi peningkatan keterampilan motorik halus menjadi 67,34% sehingga persentase peningkatan keterampilan motorik halus antara siklus I dan siklus II sebesar 25,12%. Pada siklus III keterampilan motorik halus anak meningkat mencapai 85,15% sehingga persentase peningkatan keterampilan motorik halus anak antara siklus II dan siklus III mencapai 17,84%. Dengan demikian melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi menggunakan media kardus dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik halus, metode demonstrasi, media kardus, pendidikan anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2016 02:18
Last Modified: 09 May 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40972

Actions (login required)

View Item View Item