Pengembangan E-Learning Adaptif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 11 Yogyakarta

Ziaurrahman, Ziaurrahman (2016) Pengembangan E-Learning Adaptif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 11 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ziaurrahman-14707251030.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-learning adaptif berbasis web untuk siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) mengetahui kelayakan produk e-learning adaptif, dan (3) mengetahui kebermanfaatan produk melalui peningkatan hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation sampai menghasilkan produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh dua ahli media dan dua ahli materi (tes alfa) kemudian dilakukan revisi produk awal. Pada tahap berikutnya dilakukan tes beta satu yang diimplementasikan kepada lima siswa dan beta dua pada 25 siswa. Setelah dilakukan tes beta I dan II, dilanjutkan dengan tes sumatif kepada 25 siswa kelas X-G SMA Negeri 11 Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Produk e-learning adaptif berbasis web dengan fasilitas meliputi: tes gaya belajar, paket bahan ajar (mode umum dan khusus visual auditori dan kinestetik), forum perkenalan, diskusi, dan chatting yang dikhususkan untuk mata pelajaran PAI materi wakaf kelas X-G SMA Negeri 11 Yogyakarta ;(2) produk yang dikembangkan telah layak untuk digunakan karena pada saat divalidasi ahli media diperoleh skor sebesar 4,00 dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 3,56 dengan kategori sangat layak, dan hasil penilaian siswa saat uji beta sebesar 3,24 dengan kategori sangat layak;(3) terjadi peningkatan pencapaian hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan e-learning adaptif sebesar 34%. Nilai rata-rata pretest 48.60%, dan posttest 82.60%. Persentase ketuntasan belajar siswa 100% dari 25 siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-learning adaptif, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2016 02:10
Last Modified: 09 May 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40968

Actions (login required)

View Item View Item