EVALUASI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JANGKRIKAN WONOSOBO MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP

Roosdhiana Aziz, Ari (2016) EVALUASI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JANGKRIKAN WONOSOBO MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ari Roosdhiana Aziz_09105244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran membaca permulaan yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Jangkrikan ditinjau dari model evaluasi CIPP (konteks, input, proses, dan produk). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan yang berfokus pada tujuan atau The Goal Approach dengan model evaluasi CIPP. Subyek penelitian adalah Kepala sekolah, Guru kelas 1, dan siswa kelas 1 SD Negeri 2 Jangkrikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Jenis data yang diperoleh berupa deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi konteks (context) diperoleh latar belakang program yang sudah sesuai dengan tujuan program. Tujuan program sudah sesuai dengan kurikulum KTSP yang dijalankan di SD Negeri 2 Jangkrikan yang berdasarkan pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ada dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Hasil evaluasi masukan (input) menunjukkan bahwa latar belakang guru dan sarana dan prasarana belum sesuai dengan standar yang dianjurkan. Hasil evaluasi proses (process) menujukkan bahwa proses pembelajaran sudah sesuai dengan RPP yang digunakan.Hasil evaluasi produk (product) menghasilkan bahwa 21% siswa sudah bisa membaca dengan lancar, 42% sudah bisa membaca namun tidak terlalu lancar, sementara sisanya (37%) masih kesulitan membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40967

Actions (login required)

View Item View Item