PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SALE KABUPATEN REMBANG

Muchtar Arifuddin, Farid (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SALE KABUPATEN REMBANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Farid Muchtar Arifuddin_09105244019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemanfaatan multimedia pembelajaran matematika kelas V SDN 1 Sale Kabupaten Rembang. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sale Kabupaten Rembang. Obyek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian ini mengadopsi model penelitian dari Kemmis dan MC Taggart (1988) yang dikenal dengan model spiral, yang terdiri dari perencanaan (planing), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan angket. Validasi instrumen menggunakan judment expert sedangkan multimedia pembelajaran ini belum memiliki validasi media. Analisis data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif berbantuan microsoft office exel 2007. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Sale Kabupaten Rembang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sale Kabupaten Rembang yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai lembar observasi dan angket. Pada pra tindakan tingkat motivasi belajar matematika siswa mencapai 55,73% oleh observer 1, observer 2 mencapai 57,86% dan dari hasil angket mencapai 69,22%. Sedangkan pada siklus I tingkat motivasi belajar siswa oleh observer 1 mencapai 75%, oleh observer 2 mencapai 76% dan data dari angket mencapai 78,4%. Dan Pada siklus II tingkat motivasi belajar siswa oleh observer 1 mencapai 92%, observer 2 mencapai 90%., dan data dari angket mencapai 93,52%. Peningkatan motivasi belajar matematika siswa dari pra tindakan sampai siklus I adalah sebesar 19,47% oleh observer 1, 18,40% oleh observer 2, dan 8,99% dari data angket. Sedangkan dari siklus I sampai siklus II motivasi belajar siswa meningkat sebesar 16,80% oleh observer 1, 13,60% oleh observer 2, dan 16,91% dari angket. Dengan hasil yang diperoleh pada siklus I dan II maka penelitian ini sudah tercapai tingkat keberhasilannya. Tingkat keberhasilan penelitian ini adalah 75% dari jumlah rata-rata dan rata-rata setiap indikator. Maka dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas V SDN 1 Sale Kabupaten Rembang dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40962

Actions (login required)

View Item View Item