PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DI SMP NEGERI I NGAWEN GUNUNGKIDUL

Yuliana Pratiwi, Reni (2016) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DI SMP NEGERI I NGAWEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Reni Yuliana Pratiwi_12105241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran berbantuan komputer yang digunakan guru mata pelajaran TIK dan IPA di SMP Negeri I Ngawen Gunungkidul dan (2) faktor penghambat bagi guru dalam menerapakan prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran berbantuan komputer mata pelajaran TIK dan IPA di SMP Negeri I Ngawen. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan secara induktif mencakup reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran TIK dan IPA secara tidak langsung sebagian besar sudah diperhatikan oleh guru. Prinsip yang banyak diperhatikan adalah prinsip pemilihan media pembelajaran berbantuan komputer berdasarkan tujuan pembelajaran, karakteristik materi, karakteristik media, kemampuan guru, dan prinsip pemilihan media pembelajaran berbantuan komputer berdasarkan sarana dan prasarana. Prinsip yang jarang diperhatikan oleh guru adalah prinsip pemilihan media pembelajaran berbantuan komputer berdasarkan karakteristik siswa dan prinsip desain pesan pembelajaran (2) faktor penghambat pemilihan media pembelajaran berbantuan komputer mata pelajaran TIK dan IPA dapat berupa hambatan teknis, hambatan dari guru, maupun siswa. Fakta menarik yang ditemukan peneliti adalah guru hanya memperhatikan karakteristik umum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40955

Actions (login required)

View Item View Item