PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Widyianto, Agus (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Agus Widyianto.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 MAGELANG Oleh: AGUS WIDYIANTO NIM 12504241040 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sistem pengisian di SMK Negeri 1 Magelang. Desain dari penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan Pretest- Posttest Non Equivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Metode pemilihan subyek penelitian yang digunakan adalah setelah mengetahui homogenitas tiap kelas, jika ada 2 kelas yang homogen maka langsung dijadikan sampelnya. Tetapi jika lebih dari 2 kelas maka dilakukan teknik Random Sampling. Kemudian terdapat 2 kelas yang dijadikan subyek penelitian yaitu kelas XI OA sebagai kelas kontrol dan XI OC sebagai kelas eksperimen. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberi perlakuan (treatment). Uji validitas instrumen dilakukan dengan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Selain itu juga dilakukan uji validitas untuk kelayakan media pembelajarannya oleh expert judgment. Uji reabilitas untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji t dengan satu ekor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8. Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar siswa yang didapat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran konvensional (model/peraga). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan satu ekor data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 3,021 lebih besar dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 2,042. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8 yaitu sebesar 77,19 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran konvensional (model/peraga) yang hanya sebesar 67,19. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, macromedia flash 8, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40951

Actions (login required)

View Item View Item