HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA

Alvida, Saila Ajeng (2016) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Saila Ajeng Alvida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta. Penelitian ini dilihat dari sudut pandang guru dan siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di 24 SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah guru kelas III sebanyak 35 dan siswa kelas III sebanyak 276 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sehingga dari 31 butir pernyataan ada 22 butir valid pada angket guru dan 21 butir valid pada angket siswa dan reliabilitas instrumen menggunakan teknik analisis koefisien Alpha Cronbach dengan hasil kreativitas guru dalam mengajar dilihat dari sudut pandang guru sebesar 0,863 dan dilihat dari sudut pandang siswa sebesar 0,810. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar berada dalam kategori sedang karena masih terdapat beberapa guru yang belum mengoptimalkan kreativitasnya dan masih dominan pada aspek mengadakan variasi metode pembelajaran dibandingkan ketiga aspek lainnya, yaitu menggunakan dan mengembangkan media, mengadakan variasi sumber belajar, serta mengadakan variasi pengelolaan kelas. Perolehan presentase kreativitas guru dalam mengajar dilihat dari sudut pandang guru sebesar 71,43% dan dilihat dari sudut pandang siswa sebesar 66,67%. Sedangkan hasil belajar IPA berada dalam kategori sedang karena masih terdapat beberapa siswa yang belum lulus KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan perolehan presentase sebesar 61,60%. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS 16 diperoleh hasil bahwa dilihat dari sudut pandang guru rhitung = 0,689 dan rtabel = 0,334 (0,689 > 0,334) dan p = 0,000 (0,000 < 0,05), sedangkan dilihat dari sudut pandang siswa diperoleh rhitung = 0,320 dan rtabel = 0,113 (0,320 > 0,113) dan p = 0,000 (0,000 < 0,05). Karena keduanya memperoleh hasil rhitung lebih besar dari rtabel dan probabilitas keduanya kurang dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta. Kata kunci: Kreativitas guru, mengajar, hasil belajar, IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:42
Last Modified: 31 Aug 2016 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40950

Actions (login required)

View Item View Item