PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN RAJUTAN DAN KAITAN PADA MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Neni, Hartika (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN RAJUTAN DAN KAITAN PADA MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NENI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN RAJUTAN DAN KAITAN PADA MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 3 KLATEN Oleh: Neni Hartika NIM. 10513249001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran pembuatan rajutan dan kaitan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten; (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran pembuatan rajutan dan kaitan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Tim Puslitjaknov dengan 6 tahapan yang meliputi: (1) tahap analisis kebutuhan produk, (2) tahap pengembangan produk awal, (3) tahap validasi ahli dan revisi, (4) tahap uji coba kelompok kecil, (5) tahap uji coba lapangan, dan (6) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Klaten dengan subjek penelitian kelas X Busana Butik 2 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket pendapat siswa dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan kepada keputusan (judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan antarrater dengan procentage of agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kelayakan modul pembuatan rajutan dan kaitan ditinjau dari validasi 2 ahli instrumen, 3 ahli materi, dan 2 ahli media. Uji kelayakan keterbacaan modul oleh siswa dilakukan pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba kelompok kecil bertujuan untuk mengetahui kepahaman siswa secara terbatas berupa saran dan komentar kemudian dianalisis dan direvisi, uji coba kelompok kecil dilakukan sebanyak 5 siswa dipilih berdasarkan pertimbangan kemampuan prestasi, selanjutnya dilakukan uji coba lapangan sebanyak 25 siswa yang kemudian dianalisis dan menjadi hasil akhir produk modul sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengembangan modul pembuatan rajutan dan kaitan siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten berhasil dilakukan melalui penelitian dan pengembangan modul pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kaidah penulisan modul yang meliputi judul, kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi, kunci jawaban dan daftar pustaka; (2) hasil validasi modul yang dilakukan oleh 2 ahli instrumen menyatakan “layak” dengan skor rerata 38,3 ahli materi menyatakan “layak” dengan skor rerata 19, dan 2 ahli media menyatakan “layak” dengan skor rerata 28. Kelayakan modul dari uji coba keterbacaan dan pemahaman isi modul oleh 25 siswa, menunjukkan hasil prosentase 99,52% dalam kategori baik artinya siswa mudah memahami materi, memahami bahasa yang digunakan pada modul, dan tertarik dengan tampilan modul. Berdasarkan hasil dari validasi modul para ahli dan hasil uji coba siswa dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran rajutan dan kaitan bagi siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten dapat dinyatakan “layak dan baik” sebagai media pembelajaran siswa. Kata kunci: pengembangan modul pembelajaran, pembuatan rajutan dan kaitan, dan kelayakan modul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40947

Actions (login required)

View Item View Item