Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Berbasis Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Proses Belajar Sains Peserta Didik SMP/MTs Tema Pemanasan Global

Bastian, Norma (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Berbasis Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Proses Belajar Sains Peserta Didik SMP/MTs Tema Pemanasan Global. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-norma-bastian-09708251025.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan proses sains untuk digunakan dalam pembelajaran sains di SMP. Selain itu penelitian juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan proses dalam meningkatkan hasil belajar sains peserta didik SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pelaksanaan peneltian terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut: studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft perangkat pembelajaran dan validasi, uji terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, dan penyempurnaan untuk memperoleh produk jadi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi perangkat pembelajaran berbasis keterampilan proses, angket, lembar observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Perangkat dan pembelajaran sains terpadu yang dikembangkan peneliti ditinjau dari komponen silabus, komponen RPP, komponen buku pendidik, komponen buku peserta didik, komponen LKPD, dan media pembelajaran/alat peraga, baik menurut ahli, guru sains, maupun teman sejawat secara umum berkategori baik, respon siswa terhadap penggunaan perangkat pembelajaran sains terpadu dalam pembelajaran adalah baik, penerapan perangkat pembelajaran sains terpadu dalam pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan kategori baik. (2) Keterampilan proses, sikap ilmiah dan nilai Lembar Kerja Peserta Didik memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar sains peserta didik. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sains tema pemanasan global peserta didik antara kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran sains terpadu berbasis keterampilan proses dengan perangkat pembelajaran yang terdapat di sekolah yaitu nilai thitung ≤ ttabel yaitu thitung = -2,536 ≤ ttabel 0.025 = -2,000 dengan P hitung < 0,05 yaitu P hitung = 0,014.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran sains terpadu, keterampilan proses, sikap ilmiah, hasil belajar sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:41
Last Modified: 31 Aug 2016 01:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40945

Actions (login required)

View Item View Item