TINGKAT KECURANGAN TES ONLINE DIBANDINGKAN DENGAN TES TERTULIS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Hakim, Raisal (2016) TINGKAT KECURANGAN TES ONLINE DIBANDINGKAN DENGAN TES TERTULIS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
11501244009_RAISAL HAKIM_(SKRIPSI).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

TINGKAT KECURANGAN TES ONLINE DIBANDINGKAN DENGAN TES TERTULIS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Raisal Hakim NIM. 11501244009 ABSTRAK Penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui tingkat kecurangan yang dilakukan oleh peserta tes tulis; (2) mengetahui tingkat kecurangan yang dilakukan peserta tes online; (3) membandingkan tingkat kecurangan yang dilakukan oleh peserta ujian tulis dan peserta ujian online. Penelitian komparatif dengan one-shoot eksperimental design ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 93 siswa kelas XI TIPTL SMK N 2 Yogyakarta. Seluruh subjek penelitian merupakan sampel sehingga penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Data penelitian berupa lembar jawaban siswa terhadap 26 butir soal pilihan ganda dalam bentuk tertulis maupun online. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis tingkat kecurangan. Uji validitas menggunakan Product Moment Pearson dan uji reliabilitas dengan metode Kuder-Richardson 20. Analisis hipotesis menggunakan One sample t-test untuk menguji tingkat kecurangan tes tertulis dan tes online serta Independent sample t-test untuk menguji hipotesis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecurangan tes tertulis berdasarkan metode Angoff’s B-index sebanyak 0 pasang peserta, berdasarkan metode 2 sebanyak 10 pasang peserta, berdasarkan metode Pair 1 sebanyak 0 pasang peserta, berdasarkan metode MESA sebanyak 0 pasang peserta dan berdasarkan metode G2 sebanyak 0 pasang peserta. (2) Tingkat kecurangan tes online berdasarkan metode Angoff’s B-index sebanyak 0 pasang peserta, berdasarkan metode Pair 2 sebanyak 3 pasang peserta, berdasarkan metode Pair 1 sebanyak 0 pasang peserta, berdasarkan metode MESA sebanyak 0 pasang peserta dan berdasarkan metode G2 sebanyak 0 pasang peserta. (3) Tingkat kecurangan peserta tes tertulis lebih besar signifikan atau sama dengan peserta tes online pada mata pelajaran instalasi listrik di N 2 Yogyakarta. kunci: Kecurangan, tes tertulis dan tes online

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40944

Actions (login required)

View Item View Item