PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMKN 2 PENGASIH

Habibullah, Ahmad (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMKN 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_AhmadHabibullah_11518244002.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media trainer lengan robot sebagai media pembelajaran dan (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer lengan robot sebagai media pembelajaran pada mata diklat Perekayasaan Sistem Kontrol di Jurusan Elektronika Industri SMKN 2 Pengasih, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Lee & Owens (2004) terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (Evaluation). Untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer lengan robot pemindah barang sebagai media pembelajaran dengan menganalisis data yang diperoleh dari uji kelayakan oleh 2 ahli media, 2 ahli materi, 5 ahli fungsionalitas (peer viewer), uji coba kelompok kecil melibatkan 6 siswa, dan uji coba lapangan yang melibatkan 32 siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri SMKN 2 Pengasih. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berupa produk trainer lengan robot pemindah barang yang tepat digunakan dalam mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol; (2) Kelayakan media trainer lengan robot pemindah barang berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, peer viewer, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Penilaian oleh ahli media yang ditinjau dari tiga aspek (aspek correctness, aspek reliability, dan Aspek usability) memperoleh skor total rerata sebesar 87 dengan kategori ”Sangat Baik”. Penilaian oleh ahli materi yang ditinjau dari dua aspek (aspek kualitas materi dan Aspek kemanfaatan) memperoleh skor total rerata sebesar 70,5 dengan kategori ”Baik”. Penilaian oleh peer viewer yang ditinjau dari tiga aspek (aspek correctness, aspek reliability, dan Aspek usability) memperoleh skor total rerata sebesar 84,8 dengan kategori ”Sangat Baik”. Skor total jumlah rerata pada uji coba kelompok kecil adalah 76,7 dengan kategori “Baik” dan skor total jumlah rerata uji coba lapangan (kelompok besar) adalah 83,0 dengan kategori “Sangat Baik”. Dari hasil uji coba tersebut maka media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Robot Lengan, Kontroler CM-530, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40942

Actions (login required)

View Item View Item