PENGARUH REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PIYAMAN WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Mabruri, Rizky Ardi (2016) PENGARUH REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PIYAMAN WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rizky Ardi Mabruri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan pengaruh reward terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan B SD Muhammadiyah Piyaman yang berjumlah 40 siswa dengan rincian kelas IV A dengan jumlah murid 20 anak sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B degan murid jumlah murid 20 anak sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diambil melalui metode pengamatan (observation) dan angket (questionnaire). Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan skala sikap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif yakni dengan membandingkan mean antara pretest dan posttest. Pretest ataupun posttest dalam penelitian ini bukan seperti halnya test mengerjakan soal, melainkan pengukuran. Pengukuran kondisi awal sebelum pemberian tindakan (treatment) untuk pretest, dan pengukuran kondisi akhir setelah treatment untuk posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh reward terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor motivasi kelas kontrol untuk pretest sebesar 73,2 dan posttest sebesar 76,4. Sedangkan perolehan rata-rata skor motivasi pada kelas eksperimen untuk pretest sebesar 73,85 dan posttest sebesar 96,15. Dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata pretest-posttest pada kelas kontrol sebesar 3,2 dan pada kelas eksperimen sebesar 22,3. Kata kunci: reward, motivasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40939

Actions (login required)

View Item View Item