ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA LULUSAN SMK FRESH GRADUATE JURUSAN TATA BOGA PADA BIDANG FOOD AND BEVERAGE DI HOTEL BINTANG EMPAT KOTA YOGYAKARTA

Widodo, Gunawan (2016) ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA LULUSAN SMK FRESH GRADUATE JURUSAN TATA BOGA PADA BIDANG FOOD AND BEVERAGE DI HOTEL BINTANG EMPAT KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
GUNAWAN WIDODO 13511247013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kebutuhan lapangan pekerjaan untuk lulusan SMK fresh graduate jurusan Tata Boga dalam pada bidang food and beverage di hotel bintang empat kota Yogyakarta; (2) Kompetensi tenaga kerja lulusan SMK fresh graduate jurusan Tata Boga untuk bekerja pada bidang food and beverage di hotel bintang empat kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey. Variabel dalam penelitian ini adalah kebutuhan tenaga kerja fresh graduate SMK jurusan Tata Boga pada bidang food and beverage. Populasi penelitian ini adalah tenaga kerja lulusan SMK fresh graduate di hotel bintang empat kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui mean, modus, median dan standar deviasi. Penelitian ini dilakukan di 5 hotel bintang empat kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2015 – Mei 2016. Hasil penelitian ini adalah; (1) Kebutuhan tenaga kerja di hotel bintang empat kota Yogyakarta posisi chef D3 berpengalaman 34%, SMK fresh graduate 29%, D3 fresh graduate 20% dan SMK berpengalaman 17%. Posisi daily worker D3 berpengalaman 35%, SMK fresh graduate 27%, D3 fresh graduate 23% dan SMK berpengalaman 15%. Posisi waiter D3 berpengalaman 32%, SMK berpengalaman 29%, SMK fresh graduate 22% dan D3 fresh graduate 17%.; (2) Kompetensi tenaga kerja lulusan SMK fresh graduate jurusan Tata Boga untuk bekerja pada bidang food and beverage di hotel bintang empat kota Yogyakarta masih belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Nilai chef pada bidang tools and technology prosentase 90%. Nilai daily worker pada bidang work activity dan work value prosentase 88% dan 88%. Nilai waiter pada bidang work activity prosentase 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Lulusan SMK Fresh Graduate, Food and Beverage, Hotel Bintang Empat, Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:12
Last Modified: 04 Mar 2019 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40934

Actions (login required)

View Item View Item