PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIK OTOMOTIF DASAR II DI SMK MA’ARIF SALAM

EDI, PURWANTO (2016) PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIK OTOMOTIF DASAR II DI SMK MA’ARIF SALAM. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi Edi Purwanto 08504241002.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIK OTOMOTIF DASAR II DI SMK MA’ARIF SALAM Oleh: EDI PURWANTO 08504241002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis komputer terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Mekanik Otomotif Dasar II di SMK Ma’arif Salam. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental (eksperimen semu). Sampel penelitian 81 siswa dari jumlah populasi 166 siswa kelas X Jurusan Otomotif SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2012/2013 yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian eksperimen semu ini adalah Non-equivalent control group design. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa, sedangkan soal tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Uji validitas isi instrument melalui judgment ahli dan analisis butir soal dengan aplikasi anatest. Uji hipotesis 1 menggunakan uji statistik non parametrik dengan menggunakan median test, sedangkan hipotesis dua menggunakan uji statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan menerapkan media pembelajaran berbasis komputer dalam mata pelajaran Mekanik Otomotif Dasar II di SMK Ma’arif Salam dengan nilai X2 hitung 1 = 6,5 > X2 tabel = 3,841, X2 hitung 2 = 13,93 > X2 tabel = 3,841, X2 hitung 3 = 8,33 > X2 tabel = 3,84 dengan df = 1 pada taraf signifikansi 5%. (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah menerapkan media pembelajaran berbasis komputer dalam mata pelajaran Mekanik Otomotif Dasar II di SMK Ma’arif Salam dengan thitung = 2,168 > ttabel = 2,168 dengan df=78 pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci : media pembelajaran, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40929

Actions (login required)

View Item View Item