TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL PADA SISWA USIA 10-12 TAHUN PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

Anggraini, Berlin (2016) TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL PADA SISWA USIA 10-12 TAHUN PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan teknik bermain futsal peserta ekstrakurikuler futsal di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain futsal siswa peserta ekstrakurikuler futsal di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Keterampilan bermain futsal adalah kemampuan untuk menggunakan akal, ide, kreatifitas dalam bermain futsal hingga menghasilkan sebuah nilai, sedangkan teknik bermain futsal adalah kapasitas siswa dalam bermain futsal. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran sebanyak 2 kali, dan diambil skor terbaik, agar diketahui seberapa tingkat kemampuan dasar bermain futsal pada siswa peserta ekstrakurikuler futsal. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa, sehingga disebut penelitian populasi. Instrumen yang digunakan adalah Tes Keterampilan Dasar Futsal Bagi Pemain KU 10-12 tahun (Dian Ika P.R.W, 2013). Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan dasar bermain futsal siswa kelas V SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta tahun 2014/2015 berada pada kategori “kurang sekali” sebesar 16,67% (4 siswa), kategori “kurang” sebesar 54,17% (13 siswa), kategori “sedang” sebesar 20,83% (5 siswa), kategori “baik” sebesar 8,33% (2 siswa), “baik sekali” sebesar 0% (0 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar futsal, ekstrakurikuler futsal siswa usia 10-12 tahun
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40920

Actions (login required)

View Item View Item