KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 2 JEMBER SETELAH MENGIKUTI KEMAH PENDIDIKAN KARAKTER

Rojalia, Rina (2016) KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 2 JEMBER SETELAH MENGIKUTI KEMAH PENDIDIKAN KARAKTER. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416244024.swf

Download (9MB)

Abstract

SMA Negeri 2 Jember merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan Kemah Pendidikan Karakter (KPK) untuk membentuk karakter kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar karakter kedisiplinan siswa SMA Negeri 2 Jember setelah Kemah Pendidikan Karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu KPK. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Jember pada tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 714 siswa. Jumlah sampel sebanyak 88 siswa diambil dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan model Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif melalui perhitungan mean dan modus untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan program SPSS Versi 23 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat karakter kedisiplinan siswa SMA Negeri 2 Jember setelah mengikuti KPK termasuk dalam kategori “tinggi”, dikatakan tinggi karena kedisiplinan siswa setelah mengikuti KPK meningkat. Kedisiplinan setelah KPK dilihat berdasarkan tiga indikator, indikator ketepatan waktu, ketaatan, dan tanggung jawab, ketiga indikator menunjukkan hasil dengan kategori yang “tinggi”, dengan demikian ketepatan waktu, ketaatan dan tanggung jawab siswa meningkat setelah mengikuti KPK. Hasil nilai tertinggi terletak pada indikator tanggung jawab, sedangkan nilai terendah terletak pada indikator ketepatan waktu. Secara keseluruhan indikator dari kedisiplinan siswa kelas X memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dari pada siswa kelas XI. Kata Kunci: Kedisiplinan siswa, Kemah Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 31 Aug 2016 00:33
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40917

Actions (login required)

View Item View Item