[Ringkasan Skripsi] EFEKTIVITAS METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRUMBUNG

Fitroh, Hasna Umul (2016) [Ringkasan Skripsi] EFEKTIVITAS METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRUMBUNG. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
RINGKASAN 12416241041.swf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui perbedaan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung yang menggunakan metode Outdoor Study dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung yang menggunakan metode Outdoor Study dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 3) Mengetahui keefektifan metode Outdoor Study untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung; 4) Mengetahui keefektifan metode Outdoor Study untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan ukuran efek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung tahun ajaran 2015/2016 yang menggunakan metode Outdoor Study dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw karena berdasarkan hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai probabilitas (sig)>0,05 (0,365>0,05) sehingga tidak cukup bukti untuk menolak Ho; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung tahun ajaran 2015/2016 yang menggunakan metode Outdoor Study dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai probabilitas (sig)0,05); 3) Metode Outdoor Study tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung tahun ajaran 2015/2016; 4) Metode Outdoor Study efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung tahun ajaran 2015/2016. Efektivitas penggunaan metode Outdoor Study dalam meningkatkan hasil belajar IPS ditunjukkan dari hasil perhitungan ukuran efek d = 707 (0,2

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 31 Aug 2016 00:29
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40916

Actions (login required)

View Item View Item