MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS V SD NEGERI SUKORENO

Rahmadani, Pratiwi (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS V SD NEGERI SUKORENO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Pratiwi Rahmadani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika materi waktu, jarak dan kecepatan melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas V SD Negeri Sukoreno Sentolo, Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sukoreno, Kulon Progo yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 6 siswa putri dan 10 siswa putra. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika materi waktu, jarak dan kecepatan siswa selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika materi waktu, jarak dan kecepatan siswa kelas V SD Negeri Sukoreno, Kulon Progo. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan yang terjadi yaitu, (1) nilai rata-rata evaluasi pratindakan siswa sebesar 54,95 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 12,50%, (2) nilai rata-rata evaluasi siklus I meningkat 10,52 menjadi 65,47 dengan persentase pencapaian KKM meningkat 50% menjadi 62,50%, (3) nilai rata-rata evaluasi siklus II meningkat 12,42 menjadi 77,89 dengan persentase pencapaian KKM meningkat 37,50% menjadi 100%, (4) persentase hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72,50% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,50%. Kata Kunci: soal cerita matematika, model Kooperatif tipe Think Pair Share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 09:10
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40912

Actions (login required)

View Item View Item