PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PADA SISWA KELAS V SD N GUGUS 4 MINOMARTANI NGAGLIK SLEMAN

Gunawan, Nourma Deviyati (2016) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PADA SISWA KELAS V SD N GUGUS 4 MINOMARTANI NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nourma Deviyati Gunawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif IPA pada siswa kelas V SD Gugus 4 Minomartani Ngaglik Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas siswa masih rendah dan hasil belajar IPA siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Type NonEquivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Quantum Teaching sedangkan variabel terikatnya kreativitas dan hasil belajar kognitif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 8 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive cluster random sampling sehingga diperoleh kelas V SDN Karangjati sebagai kelas kontrol dan kelas V SDN 6 Minomartani sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan observasi untuk mengukur kreativitas dan tes untuk mengukur hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kreativitas pada kondisi akhir kelas eksperimen sebesar 79,93 sedangkan kelas kontrol 59,37 dan rata-rata hasil belajar pada kondisi akhir kelas eksperimen sebesar 83,39 sedangkan kelas kontrol 74,67. Hasil uji t-test kreativitas sebesar 0,000 sedangkan t-test hasil belajar sebesar 0,008. Keduanya < 0,05 sehingga dinyatakankan bahwa ada pengaruh positif model Quantum Teaching terhadap kreativitas siswa kelas V SD Gugus 4 Minomartani Ngaglik Sleman dan ada pengaruh positif model Quantum Teaching terhadap hasil belajar kognitif IPA pada siswa kelas V SD Gugus 4 Minomartani Ngaglik Sleman. Kata kunci: model quantum teaching, kreativitas, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 09:06
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40911

Actions (login required)

View Item View Item