MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N SAPEN MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Jati, Niko Kumala (2016) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N SAPEN MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Niko Kumala Jati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II pada siswa kelas IV SD Negeri Sapen Manisrenggo, Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sapen yang berjumlah 18 siswa dan objeknya adalah tanggung jawab siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab pada siswa kelas IV SD Negeri Sapen. Dari kondisi awal yang skor rata-ratanya 26 meningkat sebesar 4,63 yang pada siklus I menjadi 30,63. Selain meningkatnya skor rata-rata siswa, persentase skor rata-rata juga mengalami peningkatan sebesar 10,31%, dari kondisi awal 57,77% menjadi 68,08%. Dari hasil observasi tanggung jawab siswa pada siklus II dapat diketahui bahwa skor rata-ratanya sebesar 34,92 mengalami peningkatan sebesar 4,29 yang sebelumnya pada siklus I sebesar 30,63. Hal ini juga menunjukkan bahwa persentase skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 9,51% dari hasil siklus I 68,08% ke siklus II yaitu 77,59%. Kata kunci: tanggung jawab siswa kelas IV SD, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 09:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40909

Actions (login required)

View Item View Item