PENGEMBANGAN METODE ANALISIS BENTUK DALAM PENGAJARAN SENI LUKIS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FBS UNY YOGYAKARTA

I Wayan, Suardana (2007) PENGEMBANGAN METODE ANALISIS BENTUK DALAM PENGAJARAN SENI LUKIS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FBS UNY YOGYAKARTA. Jurnal Imaji FBS UNY, 5 (11). pp. 243-256. ISSN 1693-0479

[img] Text
Pengembangan_Analisis_Bentuk_SL_(IMAJI).doc

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
Pengembangan_Analisis_Bentuk_SL_(IMAJI).pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode analisis bentuk dalam pengajaran seni lukis bagi mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS UNY Yogyakarta. Analisis bentuk merupakan studi seni rupa dengan pendekatan yang rasional (intelektual), sehingga diduga mampu membantu mahasiswa dalam berkarya dan berpikir tentang seni lukis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen-tal semu dengan desain noneguivalent control-group desain, dengan mempertimbangkan kemampuan awal mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS UNY Yogyakarta semester V, sedangkan sampel diambil secara intact berjumlah 32 mahasiswa, terdiri dari 18 mahasiswa Kelas A (sebagai kelompok perla-kuan) dan 14 mahasiswa Kelas B (sebagai kelompok kontrol). Teknik analisis data menggunakan analisis kovariansi untuk membedakan rerata prestasi seni lukis pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, dengan memperhitungkan prestasi seni lukis pada Semester IV). Hasil uji perbedaan rerata menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifi-kan rerata prestasi seni lukis antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (F=4,441, p=o.,043). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa analisis bentuk dapat meningkatkan kemampuan seni lukis mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: pend seni rupa fbs
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:46
Last Modified: 14 Aug 2012 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item View Item