PENGARUH PROSES PENCAMPURAN DAN PERLAKUAN KALSINASI DALAM SINTESIS SOL-GEL CdS MENGGUNAKAN AMILUM SEBAGAI AGEN PENGOMPLEKS

Anwar, Syaiful (2016) PENGARUH PROSES PENCAMPURAN DAN PERLAKUAN KALSINASI DALAM SINTESIS SOL-GEL CdS MENGGUNAKAN AMILUM SEBAGAI AGEN PENGOMPLEKS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI%20SYAIFUL%20ANWAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses pencampuran dan perlakuan kalsinasi dalam karakter CdS hasil sintesis dengan metode sol-gel menggunakan amilum sebagai agen pengompleks. Sintesis dilakukan dengan mencampurkan prekursor Cd dari senyawa Cd(NO3)2 dan surfaktan (amilum) dengan variasi 0,2; 0,5; 1,0; 2,0 dan 3,0. Selanjutnya ditambahkan senyawa (NH4)2S sebagai precursor S dengan rasio mol Cd : S = 1:1. Proses sintesis sol-gel dilakukan dengan pengadukan selama 2 x 24 jam untuk menghasilkan padatan kuning CdS. Setelah proses penyaringan, padatan yang diperoleh dipanaskan pada temperature 100oC selama 4 jam untuk menghasilkan nanopartikel CdS. Senyawa hasil sintesis dikarakterisasi menggunakan X-Ray Diffraction (XRD), UV-Vis, IR dan SEM EDX. Hasil XRD menunjukkan bahwa sintesis CdS semua variasi amilum berbentuk kubik. Hasil analisa dengan spektra IR setelah dikalsinasi menunjukkan masih adanya amilum. Hasil karakterisasi dengan UV-Vis menghasilkan nilai energi celah pita pada amilum 3 gram yang telah dikalsinasi sebesar 1,72 eV. Hasil analisis dengan menggunakan SEM-EDX menunjukkan ukuran partikel sebesar 0,683 – 1,897 µm dan perbandingan atom sebesar 0,40:0,28.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:10
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40893

Actions (login required)

View Item View Item