IMPLEMENTASI VARIASI MENGAJAR GURU KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BANTUL

Fitriani, Arum (2016) IMPLEMENTASI VARIASI MENGAJAR GURU KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
ARUM FITRIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi variasi mengajar yang dilakukan guru kelas V dan kendala yang menghambat guru dalam menerapkan variasi mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V di SD Negeri 3 Bantul. Objek penelitian ini adalah penerapan variasi mengajar guru kelas V di SD Negeri 3 Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulai teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi variasi mengajar guru kelas V di SD Negeri 3 Bantul dilaksanakan berdasarkan komponen variasi mengajar yaitu (a) variasi gaya mengajar diterapkan dengan memperhatikan aspek variasi suara, variasi mimik dan gerak, perpindahan atau perubahan posisi, kesenyapan atau kebisuan guru, pemusatan perhatian, serta penggunaan kontak pandang. Namun, penerapannya masihbelum maksimal. (b) variasi penggunaan media belum maksimal dan terbatas pada mata pelajaran IPA dan Matematika. Media yang digunakan berupa papan tulis, video, gambar, kerangka bangun ruang, magnet, cermin, batuan, dan busur derajat. Guru sudah terampil menggunakan media pembelajaran. Guru juga melibatkan siswa walau sekedar memegang atau menggunakan media pembelajaran yang digunakan; (c) penerapan variasi pola interaksi yang diterapkan meliputi pola interaksi satu arah, pola interaksi dua arah, serta pola interaksi tiga arah. Penggunaan pola interaksi yang divariasikan dengan metode pembelajaran cendurung pada penggunaan metode ceramah – tanya jawab -diskusi; ceramah–tanya jawab-penugasan. Metode ceramah masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi yaitu kurang konsistennya penerapan variasi gaya mengajar, ketersediaan media masih kurang, kreatifitas guru dalam membuat media alternatif masih kurang, dan adanya media yang rusak atau hilang, pengalokasian waktu yang kurang baik terutama dalam kegiatan diskusi. Kata kunci: implementasi, variasi mengajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40886

Actions (login required)

View Item View Item