IMPLEMENTASI SISTEM AMONG DALAM PENANAMAN KARAKTER DI KELAS IV SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA

Purwandari, Niken Retno (2016) IMPLEMENTASI SISTEM AMONG DALAM PENANAMAN KARAKTER DI KELAS IV SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Niken Retno Purwandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pendidikan dalam sistem among untuk menanamkan karakter dan mendeksripsikan karakter yang dihasilkan di kelas IV SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek kepala bagian, pamong dan siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan komponen analisis data model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan dalam sistem among untuk menanamkan karakter di kelas IV diimplementasikan melalui perencanaan berupa tujuan pendidikan, kurikulum dan perencanaan penanaman karakter dalam pembelajaran. Pelaksanaan metode pendidikan pengajaran dilakukan dengan memberi pemahaman bahwa siswa perlu memiliki karakter yang baik. serta perintah, paksaan dan hukuman hanya diberikan apabila dipandang perlu yaitu ketika siswa melanggar aturan kelas maupun sekolah. Trilogi kepemimpinan ditunjukkan oleh pamong sebagai pemimpin yang dapat menjadi contoh dalam berperilaku baik, memotivasi melalui pendampingan personal dan membebaskan siswa berkembang sesuai dengan kodrat tanpa ada paksaan maupun tekanan. Evaluasi dilakukan dengan pengawasan oleh kepala bagian dengan memasuki kelas tanpa pemberitahuan sebelumnya. Faktor pendukung yaitu keluarga dan sekolah (pamong). Faktor penghambat terdiri dari pamong dan siswa. Strateginya yaitu melakukan introspeksi diri dengan memperbanyak komunikasi serta sharing antarpamong dan orang tua siswa. Karakter yang dihasilkan yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, sopan, sehat jasmani dan rohani, serta warga masyarakat yang baik. Kata kunci: implementasi metode pendidikan sistem among, penanaman karakter, kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:27
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40884

Actions (login required)

View Item View Item