PENGARUH PENGUATAN (REINFORCEMENT) POSITIF TERHADAP MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SDN PUNDUNGREJO 03 TAWANGSARI SUKOHARJO

Sahron, Muh. Ghofir (2016) PENGARUH PENGUATAN (REINFORCEMENT) POSITIF TERHADAP MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SDN PUNDUNGREJO 03 TAWANGSARI SUKOHARJO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Muh. Ghofir Sahron.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan (reinforcement) positif terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD N Pundungrejo 03 tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD N Pundungrejo 03, yang berjumlah 24 siswa yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data diambil melalui metode observasi dan kuesioner. Instumen yang digunakan meliputi pedoman observasi dan skala minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan diperkuat dengan gain score oleh R.R. Hake. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh penguatan (reinforcement) positif terhadap minat belajar IPS siswa kelas V SD N Pundungrejo 03 tahun ajaran 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan rata-rata pretest sebesar 71,58 dan perolehan rata-rata posttest sebesar 97,37. Dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata pretest-postest sebesar 25,79 dan diperkuat dengan hasil analisis gain score sebesar 0,457 dan berada pada kategori sedang, yakni lebih dari 0,3 dan kurang dari 0,7 [0,7 < (N-gain) ≥ 0,3]. Kata kunci: penguatan, minat belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:21
Last Modified: 30 Aug 2016 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40881

Actions (login required)

View Item View Item