EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) BERBANTUANGEOGEBRA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP PGRI TEGALSARI KABUPATEN PURWOREJO

Setyani, Nanik and Lestari, Himmawati Puji (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) BERBANTUANGEOGEBRA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP PGRI TEGALSARI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CPS ditinjau dari prestasi belajar dan kreativitas siswa, untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CPS berbantuan geogebra ditinjau dari prestasibelajar dan kreativitas siswa dan untuk mengetahui perbandingan efektivitas antara model pembelajaran CPS berbantuan geogebra dan model pembelajaran CPS ditinjau nilai prestosi belajar dan kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.Populasi sampel adalah kelas VIII A dan VIII CSMP PGRI Tegalsari dengan masing-masing kelas sebanyak 25 siswa.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random (acak).Kedua kelas eksperimen akan diberi perlakuan dengan model pembelajaran CPS berbantuan geogebra dan dengan model pembelajaran CPS. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes prestasi dan tes kreativitas.Analisis data dalam penelitian ini menggunakananalisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil tes prestasi belajar dan tes kreativitas, analisis inferensial dengan menggunakan uji-t berpasangan dan uji multivariat (MANOVA). Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran CPSefektif ditinjau dari prestasi belajar siswa karena nilai rata-rata posttest prestasi belajar lebih dari KKM, nilai rata-rata posttest prestasi belajar adalah . Hasil analisis data model pembelajaran CPS efektif ditinjau dari kreativitas siswa siswa karena nilai rata-rata posttest kreativitas meningkat dari nilai pretest kreativitas, nilai rata-rata pretest kreativitas adalah dan nilai rata-rata posttestkreativitas adalah .Hasil analisis data model pembelajaran CPS berbantuan geogebra efektif ditinjau dari prestasi belajar karena nilai rata-rata posttest prestasi belajar lebih dari KKM, nilai rata-rata posttest prestasi belajar adalah . Hasil analisis data model pembelajaran CPS berbantuan geogebra efektif ditinjau dari kreativitas siswa karena karena nilai rata-rata posttest kreativitas meningkat dari nilai pretest kreativitas,nilai rata-rata pretest kreativitas adalah 55,80 dan nilai rata-rata posttestkreativitas adalah 67,00. Hasil analisis data perbandingan efektivitas menunjukantidak terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran CPS berbantuan geogebra dan model pembelajaran CPS ditinjau dari prestasi belajar siswa. Hasil analisis data perbandingan efektivitas menunjukantidak terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran CPS berbantuan geogebra dan model pembelajaran CPS ditinjau dari kreativitas siswa. Kata kunci: Model pembelajaran CPS berbantuan geogebra, Kreativitas, Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40874

Actions (login required)

View Item View Item