PENGARUH PEMBERIAN SENYAWA CrCl3∙6H2O TERHADAP KADAR GULA DARAH TIKUS JANTAN GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI DENGAN STREPTOZOTOCIN-NICOTINAMIDE

Setyawati, Asri (2016) PENGARUH PEMBERIAN SENYAWA CrCl3∙6H2O TERHADAP KADAR GULA DARAH TIKUS JANTAN GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI DENGAN STREPTOZOTOCIN-NICOTINAMIDE. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Asri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prevalensi diabetes di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun dan sejalan dengan peningkatan keadaan sosial ekonomi. Senyawa CrCl3∙6H2O merupakan kromium(III) yang merupakan salah satu unsur mikro yang memiliki peranan dalam metabolisme glukosa di dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar glukosa darah tikus percobaan sebelum dan sesudah diinduksi streptozotocin-nicotinamide serta mengetahui pengaruh pemberian senyawa CrCl3∙6H2O terhadap kadar gula darah tikus Wistar yang telah diinduksi dengan streptozotocin-nicotinamide. Penelitian ini menggunakan model uji pre-klinis yang dilakukan secara in vivo pada 20 ekor tikus. Induksi dilakukan dengan streptozotocin-nicotinamide secara intraperitonial dengan dosis masing-masing 60 mg/kg BB dan 120 mg/kg BB. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 ekor tikus. Kelompok I yaitu kelompok yang diberikan CrCl3∙6H2O dengan dosis Cr 200 µg/mL. Kelompok II merupakan kelompok kontrol positif yang diberikan suplemen Cr-pikolinat. Kelompok III diberikan glibenklamid, kelompok IV merupakan kelompok kontrol negatif dan kelompok V adalah kelompok normal. Pemberiaan sediaan uji dilakukan dalam rentang waktu 8 pekan dan pengukuran kadar glukosa darah dilakukan pada hari ke 1, 8 dan 64 melalui vena mata. Kadar glukosa darah awal pada semua tikus percobaan adalah normal yaitu dalam rentang 64-114 mg/dL. Setelah induksi streptozotocin-nicotinamide tikus pada kelompok I, II, III dan IV menderita diabetes dengan kadar glukosa darah puasa 131,7-218,8 mg/dL. Pemberian senyawa CrCl3∙6H2O berpengaruh terhadap kadar glukosa darah tikus percobaan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemberian senyawa CrCl3∙6H2O selama 56 hari memberikan nilai %GL (glucose lowering) mencapai 58,77%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40872

Actions (login required)

View Item View Item