PENGARUH PENGUATAN POSITIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD N BANYUBENING III KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Goldya, Galan (2016) PENGARUH PENGUATAN POSITIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD N BANYUBENING III KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Galan Goldya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguatan positif terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak siswa kelas V SD N Banyubening III Karangmojo Gunungkidul tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan quasi eksperimen. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD N Banyubening III sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan siswa kelas V SDN 3 Sungapan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21siswa. Pengumpulan data diambil melalui metode observasi dan skala motivasi belajar siswa. Instumen yang digunakan meliputi pedoman observasi dan skala motivasi belajar Bahasa indonesia. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha, dengan koefisien Alpha sebesar 0,917. Pengujian hipotesis penelitian dengan membandingkan pretest dengan posttest dan diperkuat dengan analisis Gain score. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh penguatan positif terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak siswa kelas V SD N Banyubening III tahun ajaran 2016/2017. Rata – rata motivasi kelas eksperimen pada pretest adalah 71,81 dan pada posttest 98,19 terdapat selisih 26,38 sehingga diperoleh gain score sebesar 0,47 dan berada pada kategori sedang, yakni lebih besar 0,3 dan kurang dari 0,7 (0,7 < 0,47 ≥ 0,3). Sedangkan pada kelas kontrol rata – rata hasil pretes adalah 76.91 dan pada postest adalah 80,52. Terdapat selisih 3,6138 sehingga diperoleh gain score sebesar 0,07 berada pada katagori rendah. Hasil terebut menunjukkan hipotesis penelitian diterima yaitu penguatan positif dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak siswa kelas V SD N Banyubening III tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Penguatan, Motivasi belajar Bahasa Indosia, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40871

Actions (login required)

View Item View Item