IMPLEMENTASI PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) MELALUI STRATEGI INKUIRI PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV DI SD SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)NITIPRAYAN, KASIHAN, BANTUL

Fitriana, Firda (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) MELALUI STRATEGI INKUIRI PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV DI SD SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)NITIPRAYAN, KASIHAN, BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
FIRDA FITRIANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, penilaian dan hambatan dalam Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS)melalui strategi inkuiri pada proses pembelajaran siswa kelas IV di SD Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan, Kasihan, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, fasilitator dan ketua PKBM. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) melalui strategi inkuiri di SD Sanggar Anak Alam meliputi (1) persiapan, fasilitator menyiapkan RPP sesuai dengan kegiatan pembelajaran (2) pelaksanaan, fasilitator melaksanakan tahapan inkuiri mulai dari menjelaskan prosedur pembelajaran, menyajikan masalah, pengumpulan data, mengajukan dan menguji hipotesis, memformulasikan penjelasan dan membuat kesimpulan (3) penilaian, menggunakan penilaian hasil dan proses (4) hambatan,(a) persiapan, waktu pelaksanaan yang tidak sesuai dengan RPP, (b) pelaksanaan,pembelajaran terdapat hambatan yaitu kurangnya penjelasan prosedur pembelajaran, pengkondisian siswa dan pembagan waktu dalam pengumpulan data, (c) penilaian, pembelajaran terdapat hambatan yaitu kurangnya dokumentasi proses pembelajaran. Kata kunci: Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS), inkuiri, SD SALAM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40870

Actions (login required)

View Item View Item