LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA-PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (KKN-PPL) Nomor Lokasi : Nama Lokasi : SMA Negeri 7 Purworejo

Muh. Ekalangwan Haditama, Muh. Ekalangwan Haditama (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA-PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (KKN-PPL) Nomor Lokasi : Nama Lokasi : SMA Negeri 7 Purworejo. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II dan III.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata - Praktik Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program KKN-PPL di SMA Negeri 7 Purworejo, dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 16 September 2012. Sebelum merencanakan dan menyusun program KKN-PPL, dilakukan observasi, yang berupa observasi fisik dan non fisik serta observasi pembelajaran di kelas. Program KKN diantaranya adalah inventarisasi studio musik, workshop gitar elektrik, pelatihan dan pementasan ansambel musik, pengadaan. Kegiatan PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: observasi kelas, penyusunan perangkat pembelajaran, persiapan mengajar (pembuatan media pembelajaran), praktik mengajar, evaluasi pembelajaran, dan pendampingan guru (asistensi) dalam kegiatan praktikum. Kegiatan PPL ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan mengajar khususnya mencakup variabel dinamis, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi. PPL sebagai muara dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL, mahasiswa calon guru diterjunkan ke sekolah untuk mengamati, mengenal dan belajar mempraktikkan semua kompetensi mengajar yang telah dipelajari di bangku kuliah, sehingga mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dengan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, dosen pembimbing dan koordinator KKN-PPL di Sekolah. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 7 Purworejo, penyusun mendapatkan kesempatan praktik mengajar di kelas X MIA 1 – X MIA 6, X IBB dan XI MIA 1- XI MIA 6, XI IBB. Materi yang diajarkan kepada peserta didik kelas X dan XI yaitu penyajian musik dan peregelaran musik namun, kelas X lebih mengaeah ke lagu daerah dan musik daerah, kelas XI yaitu penyajian musik dan pergelaran musik juga, tetapi kelas XI lebih mengarah ke ciptaan sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Laporan > KKN - PPL
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Aug 2016 03:03
Last Modified: 01 Oct 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40867

Actions (login required)

View Item View Item