HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN MERGANGSAN

Ambarwati, Dian (2016) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN MERGANGSAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dian Ambarwati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan interaksi sosial siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Mergangsan.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 155 siswa yang diambil secara propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala dengan 4 alternatif jawaban. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sehingga diperoleh 27 butir valid dari 37 butir variabel konsep diri yang reliabilitas 0,907 dan 21 butir dari 29 butir variabel interaksi sosial dengan reliabilitas 0,869. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan interaksi sosial siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Mergangsan. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,383 dan signifikansi 0,00 kurang dari 0,05. Artinya apabila konsep diri yang dimiliki tinggi menunjukkan interaksi sosial yang dimiliki baik. Kata kunci: konsep diri, interaksi sosial siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:59
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40865

Actions (login required)

View Item View Item