HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA KIT IPA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS III PENGASIH KULON PROGO

Handoko, Dedy (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA KIT IPA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS III PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dedy Handoko.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media KIT IPA dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri se-gugus III Pengasih, Kulonprogo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar IPA yang rendah serta penggunaan KIT IPA di sekolah dasar yang kurang optimal. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penggunaan media KIT IPA sedangkan variabel terikatnya yaitu minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-gugus III Pengasih berjumlah 103. Sampel diambil menggunakan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 83. Metode pengambilan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media KIT IPA dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri se-gugus III Pengasih Kulonprogo. Uji korelasi menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,560 > 0,215 dan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: penggunaan KIT IPA, minat belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40862

Actions (login required)

View Item View Item