PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SD

Isnanto, Dedi (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SD. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dedi Isnanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS IPS berbasis pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kegiatan ekonomi di Indonesia untuk kelas V SD yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengambangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Instrumen pengumpulan data mengguankan angket yang terdiri dari angket ahli materi, angket ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa.Instrumen angket memenuhi validitas konstruk berdasarkan pendapat ahli (expert judgment) dan telah reliabel melalui uji validitas eksternal melalui test-retest (stability). Penelitian dilaksanakan di SD N Seloboro dengan siswa berjumlah 24 orang. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis kelayakan produk LKS IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKS IPS berbasis pendekatan kontekstual telah layak digunakan. Penilaian ahli materi memperoleh hasil dengan kriteria baik. Hal ini menandakan bahwa materi yang disajikan telah sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, LKS IPS mampu mengakomodasi pendekatan kontekstual, bahasa yang digunakan telah sesuai dengan tahap perkembangan siswa, dan penyajiannya dapat dipahami dengan jelas, menarik, dan interaktif. Penilaian ahli media memperoleh hasil dengan kriteria baik. Hal ini menandakan bahwa unsur-unsur LKS dinilai telah sederhana dan mempermudah siswa memahami pesan, memiliki keterpaduan yang baik untuk membantu pemahaman, memiliki unsur penekan pada bagian-bagian yang penting, unsur-unsur di dalamnya memiliki bentuk yang sesuai dan proporsional,warna yang dipilih sangat sesuai, dan LKS IPS memiliki kemampuan menarik perhatian dan memotivasi siswa untuk belajar. Berdasarkan respon guru memperoleh hasil dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan LKS IPS telah dapat diguankan untuk proses pembelajaran dengan baik dari segi isi materi dan dari segi tampilan. Berdasarkan respon siswa memperoleh hasil dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa LKS IPS mampu mendukung pelaksanaan pembelajaran yang aktif, mempermudah pemahaman materi, dan mudah digunakan. Kata-kata kunci: Pendekatan kontekstual, CTL, kegiatan ekonomi di Indonesia,LKS IPS berbasis kontekstual.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40861

Actions (login required)

View Item View Item