PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK TULIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII DI MTS NEGERI GODEAN

Aziz, Abdul (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK TULIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII DI MTS NEGERI GODEAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
ABDUL AZIZ 12207244001.PDF - Published Version

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran batik tulis berbasis multimedia interaktif untuk kelas VII SMP/MTs, dan (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran batik tulis berbasis multimedia interaktif tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dengan prosedur pengembangan adaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini meliputi 10 tahap, yaitu: (1) menemukan potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi, dan (10) produksi massal. Uji coba dilaksanakan setelah melalui uji validitas oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilaksanakan di MTs Negeri Godean dengan melibatkan 53 peserta didik kelas VII, terdiri dari uji coba perorangan sebanyak 6 orang, uji coba kelompok kecil sebanyak 15 orang, dan uji coba kelompok besar sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dari data kuantitatif untuk pengembangan produk media pembelajaran batik tulis berbasis multimedia interaktif untuk kelas VII dan deskriptif kualitatif untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media pembelajaran batik tulis berbasis multimedia interaktif untuk kelas VII dengan penilaian dari beberapa ahli yaitu: (a) hasil ahli materi dengan persentase rata-rata skor semua aspek 88.1% masuk kedalam kategori sangat baik, (b) ahli media dengan persentase rata-rata skor semua aspek 83.1%. (2) uji coba produk dilakukan dengan tiga tahap yaitu: (a) uji coba perorangan persentase rata- rata penilaian semua aspek 90.1% masuk ke dalam kategori sangat baik. (b) uji coba kelompok kecil persentase rata-rata penilaian semua aspek 86.1% masuk dalam kategori sangat baik. (c) uji coba kelas besar persentase rata-rata penilaian semua aspek 84.6% masuk dalam kategori sangat baik. Dari analisis data yang diperoleh di atas, menunjukkan bahwa media pembelajaran batik tulis berbasis multimedia interaktif untuk kelas VII di MTs Negeri Godean masuk ke dalam kriteria sangat baik. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran batik tulis berbasis multimedia interaktif sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 10:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40859

Actions (login required)

View Item View Item