IDENTIFIKASI LANGGAM BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMPELAJARI BIOLOGI MENGGUNAKAN LEARNING STYLE INVENTORY MODEL KOLB

Purnawati, Rizky (2016) IDENTIFIKASI LANGGAM BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMPELAJARI BIOLOGI MENGGUNAKAN LEARNING STYLE INVENTORY MODEL KOLB. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIZKY PURNAWATI.pdf

Download (716B) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe langgam belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta dalam mempelajari biologi berdasarkan Learning Style Inventory model Kolb Kolb. Langgam belajar merupakan . cara yang konsisten digunakan oleh seseorang untuk memperoleh informasi, mengingat, berpikir dan memecahkan soal. Kolb mengelompokkan seseorang ke dalam tipe converger, diverger, accommodator dan assimi assimilator lator. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian siswa kelas X dan Kelas XI dari empat sekolah di Kota Yogyakarta yang ditentukan secara purposive sampling sampling. Instrumen . yang digunakan merupakan hasil modifikasi yang telah divalidasi dan dibakukan. Data kemampuan utama siswa dan tipe langgam belajar diperoleh menggunakan angket Learning Style Inventory Kolb Kolb. Analisis data menggunakan pedoman penskoran Kolb, diagram Kolb dan statistika deskriptif untuk memperoleh data frekuensi kemampuan siswa dan tipe langgam belajar. Hasil analisis menunjukkan dalam pembelajaran biologi, yaitu tipe accommodator, converger, assimilator, diverger dan tipe yang tidak tergolongkan. Tipe langgam belajar yang paling banyak ditemukan ad ipe adalah tipe alah converger dan accomodator accomodator. Terdapat perbedaan dominansi tipe langgam belajar berdasarkan tingkat kelas dan gender. Kata kunci: langgam belajar, learning style inventory Kolb, SMA Negeri Kota anggam Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40854

Actions (login required)

View Item View Item