KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI DI KABUPATEN BANTUL DITINJAU BERDASARKAN ASPEK GENDER

Pratama, Adika Hermawati (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI DI KABUPATEN BANTUL DITINJAU BERDASARKAN ASPEK GENDER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ADIKA HERMAWATI PRATAMA.pdf

Download (716B) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) aspek biologi siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) ditinjau berdasarkan aspek gender, serta kaitannya dengan aspek urutan kelahiran dan pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD di Kabupaten Bantul. Sampel penelitian adalah 603 siswa SD kelas VI dari 18 sekolah di Kabupaten Bantul yang ditentukan dengan purposive sampling. Penelitian ini terintegrasi dalam penelitian Bambang Subali, dkk., (2015) mengenai kreativitas keterampilan proses sains siswa SD di DIY. Instrumen penelitian berupa perangkat tes KKPSAK yang telah divalidasi dan dibakukan oleh Bambang (2015), angket, serta lembar wawancara. Perangkat tes digunakan untuk mengukur KBDKPS, sedangkan angket dan lembar wawancara digunakan untuk menghimpun data mengenai data diri dan karakteristik siswa. Analisis data menggunakan pedoman penskroran dan statistika deskriptif. Hasil menunjukkan rerata skor KBDKPS testi tergolong rendah (17,58 dari skor maksimal 40). Terdapat perbedaan KBDKPS antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa perempuan memperoleh rerata skor KBDKPS lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki (18,62>16,61). Pengaruh aspek gender terhadap KBDKPS lebih nyata pada siswa dengan urutan kelahiran kedua dibandingkan siswa dengan urutan kelahiran yang lain dan pada siswa dengan orang tua guru/dosen dibandingkan siswa dengan orang tua bukan guru/dosen. Kata kunci : berpikir divergen, keterampilan proses sains, gender.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 10:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40850

Actions (login required)

View Item View Item